Saya belum pernah semarah ini sebelumnya. Beberapa menit yang lalu saya melihat seorang teman meng-upload fotonya di facebook. Pertama saya penasaran dengan fotonya, kelihatan tidak umum. Ternyata setelah saya amati lagi itu adalah foto ular mati yang digantung. Ada sekitar 6 atau 7 ekor ular. Jenisnya kalau tidak salah adalah Boa atau Phiton. Besar-besar. Mulut ular-ular itu dipaku pada sebuah kayu yang tergantung horisontal di atap. Dan teman saya berpose manis di samping mayat ular yang berjajar.

Kemudian saya membaca komen-komen yang muncul, kebanyakan komen “positif” seperti ‘Keren & Cool’. Saya tidak habis pikir, sebelah mananya yang keren!! Dan akhirnya ada komen teman saya yang menjelaskan bahwa itu adalah foto ular-ular yang akan dijadikan TAS! “Silahkan mampir, tempatnya tidak jauh dari kantor, Ellys jangan lupa beli, sedang produksi.”

Tanpa pikir dua kali saya klik comment box dan mengetik “Serius?! You kill the snake for bag!??” dan muncullah komen-komen miring mengikuti seperti “Kasihan ularnya T_T…. ” dsb.

Beberapa menit kemudian, foto itu hilang “This content is currently unavailable” sepertinya sudah di remove oleh yang punya.

Mungkin ini hanya perasaan saya, tapi saya melihat ada kesan Pro-pembantaian Ular dari foto dan komentar yang ada. Bukannya saya Sok konservasi, tapi masalahnya teman saya itu bekerja di BKSDA SKW II Pangkalan Bun. Sebuah Balai Konservasi Sumber Daya Alam Kalimantan Tengah, yang mempunyai tugas penyelenggaraan konservasi sumber daya alam hayati dan ekosistemnya dan pengelolaan kawasan cagar alam, suaka margasatwa, taman wisata alam, koordinasi teknis pengelolaan taman hutan raya dan hutan lindung.

Saya berhak marah dan jengkel bukan?

Leave a Reply

